7 Alasan Kenapa Jam Tangan Rolex Mahal

Apa yang membuat jam tangan Rolex mahal? Kenapa banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli sebuah jam tangan Rolex? Anda penasaran? Mari kita bedah alasan kenapa jam tangan Rolex bisa dihargai begitu tinggi di artikel ini!

Kenapa Jam Tangan Rolex Mahal

Kenapa jam tangan Rolex mahal?

Ada tujuh hal yang menjadi penyebab kenapa jam tangan Rolex begitu mahal. Apa saja sih?

1. Jam tangan Rolex melalui proses pembuatan yang mahal

Hal pertama yang membuat jam tangan Rolex mahal adalah proses pembuatannya yang tidak hanya rumit serta lama dan melelahkan, tetapi juga memerlukan uang yang banyak.

Nah, siapa yang bertanggungjawab atas proses ini? Rolex adalah salah satu brand yang memiliki departemen R&D profesionalnya sendiri. Untuk departemen ini, Rolex secara khusus membangun sebuah fasilitas yang dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan watchmaking paling mutakhir dan canggih. Fasilitas inilah yang memungkinkan Rolex terus berinovasi untuk menciptakan berbagai jam tangan yang tidak hanya berperforma tinggi tetapi juga sangat indah dipandang.

Selain itu, agar tetap menjadi yang terdepan, Rolex tidak pernah berhenti memperbaharui metode dan teknik pembuatan jam tangan mereka. Tak hanya itu, Rolex juga hanya mempekerjakan ilmuwan yang sangat terlatih dan berpengalaman untuk memastikan proses riset dan pengembangan yang dilakukan di laboratorium mereka berjalan secara optimal. Lalu, apa dampaknya? Sudah tentu, biaya yang diperlukan oleh Rolex untuk keseluruhan proses tersebut terbilang sangat tinggi.

Salah satu teknologi terbaik yang diciptakan oleh Rolex adalah green sapphire crystal, yaitu sebuah kristal jam tangan yang kokoh, antigores, serta anti pudar. Jenis kristal ini mudah dikenali karena garis outline-nya yang berwarna hijau muda.

Rolex Cosmograph Daytona

Rolex Cosmograph Daytona

Inovasi Rolex terkenal lainnya adalah strap jam tangan “Oysterflex”.  Bagian luar strap Oysterflex terbuat dari bahan elastomer hitam yang kuat, sedangkan bagian dalamnya terbuat dari campuran bahan titanium yang fleksibel dengan nikel. Karena kombinasi kedua bahan ini, strap Oysterflex tidak hanya awet tetapi juga sangat nyaman di pergelangan tangan. Selain itu, dengan sistem ekstensi yang disebut “Glidelock”, pengguna jam tangan Rolex bisa memanjangkan strap hingga 20mm tanpa harus menambahkan apa pun. Strap Oysterflex ini digunakan dalam beberapa line populer keluaran Rolex, seperti Rolex Cosmograph Daytona, Rolex Yacht-Master, Rolex Sky-Dweller, dan Rolex Air King.

2. Rolex menggunakan stainless steel 904L

Hal pertama yang membuat jam tangan Rolex mahal adalah bahan pembuatannya. Semua jam tangan Rolex dibuat menggunakan bahan-bahan premium. Rolex dikenal menggunakan bahan stainless steel berkualitas 904L, sedangkan brand jam tangan lain biasanya menggunakan stainless steel 316L. Di dunia Rolex, stainless steel 904L ini dikenal dengan “corrosion-resistant superalloy” atau “Oystersteel”.

Baca Juga: Terbukti! Ini Cara Membedakan Jam Tangan Asli dan Palsu!

Bahan Oystersteel sangat awet dan terbukti tahan terhadap karat, medan magnet, dan segala jenis korosi. Bahan ini juga jauh lebih berkilau dan lebih kuat daripada stainless steel 316L yang biasa digunakan oleh brand lain. Bahan Oystersteel inilah yang berperan besar dalam membuat jam tangan Rolex tak hanya fungsional tetapi juga stylish dan timeless. Karena itu, Rolex menggunakan baja ini di semua koleksinya.

Tentu saja, kekuatan dan ketahanan yang dimiliki oleh bahan Oystersteel ini tidak dibanderol dengan harga murah. Untuk membuat stainless steel 904L dibutuhkan usaha ekstra serta keterampilan khusus. Maka, tidak heran jika harganya jauh lebih mahal dibandingkan stainless steel 316L yang lebih mudah didapat dan diolah.

3. Jam tangan Rolex terbukti tahan lama

Jika Anda mencari jam tangan mewah yang awet dipakai bertahun-tahun, Rolex adalah pilihan terbaik. Perubahan kelembaban, suhu, pergerakan, dan ketinggian yang ekstrim adalah hal-hal yang bisa merusak jam tangan. Namun, hal-hal tersebut terbukti tidak merusak jam tangan Rolex.

Bagaimana jam tangan Rolex bisa begitu kuat dan tahan lama? Well, sebagian besar alasannya telah kita bahas di kedua poin sebelumnya, yaitu penggunaan Oystersteel premium dan berbagai inovasi teknologi yang dilakukan oleh Rolex.

Karena daya tahannya luar biasa, sebuah jam tangan Rolex bahkan bisa menemani Anda selama beberapa generasi. Inilah alasan mengapa banyak orang menjadikan jam tangan Rolex sebuah investasi yang harganya tetap stabil bahkan meningkat seiring waktu.

Anda perlu bukti akan daya tahan jam tangan Rolex? Mari kita ambil cerita Sir Edmund Hillary dan Ed Viesturs sebagai contoh. Sir Edmund Hillary, seorang pendaki gunung asal New Zealand, merupakan orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest pada tahun 1953. Dalam pendakiannya yang terkenal ini, Sir Edmund Hillary mengenakan jam tangan Rolex Oyster Perpetual di pergelangan tangannya.

Rolex Explorer II 42 226570 White

Rolex Explorer II 42 226570 White

 Kemudian, pada tahun 1994, Ed Viesturs, seorang pendaki gunung asal AS, mendaki gunung yang sama sambil mengenakan Rolex Explorer II. Kedua jam tangan Rolex yang mampu bertahan dan memberikan performa sempurna bahkan dalam kondisi ekstrim sekalipun tentu menjadi bukti akan daya tahan jam tangan Rolex. Tahukah Anda? Viesturs bahkan masih memakai Rolex Explorer II-nya hingga hari ini untuk memperingati prestasinya yang luar biasa tersebut. Tertarik memiliki Rolex Explorer II sepertu Viesturs? Kunjungi website kami!

4. Movement jam tangan Rolex dirakit dengan tangan

Dalam proses pembuatan jam tangan Rolex, ada pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan menggunakan mesin dan ada pula yang dilakukan dengan tangan. Namun, yang dilakukan dengan mesin justru adalah pekerjaan-pekerjaan yang sederhana, seperti pengarsipan, penyortiran, dan katalogisasi.

Sedangkan berbagai pekerjaan yang lebih rumit, seperti merakit bracelet dan movement, semua dilakukan dengan tangan secara in-house oleh para watchmaker profesional Rolex. Hal ini memungkinkan Rolex untuk lebih bebas mewujudkan movement jam tangan yang sesuai dengan keinginan dan standar mereka. Setelah proses produksi selesai, setiap jam tangan kemudian diperiksa ulang dan diuji untuk memastikan kualitas setiap komponennya tetap terjaga.

Alasan Jam Tangan Rolex Mahal

Apabila Anda melihat katalog lengkap jam tangan Rolex, Anda akan mengetahui bahwa hampir semua movement yang menggerakkan jam tangan Rolex disertifikasi oleh Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres, atau COSC, sebuah organisasi non-profit independen yang bertujuan untuk menetapkan standar dalam industri pembuatan jam Swiss.

COSC bertanggung jawab untuk memvalidasi dan menguji tingkat keakuratan semua jam tangan yang dibuat di Swiss. Nah, fakta bahwa hampir semua jam tangan Rolex bersertifikasi COSC membuktikan bahwa jam tangan Rolex tidak hanya fungsional dan indah tetapi juga dapat diandalkan dan berperforma tinggi.

Baca Juga: Apa Itu Chronograph Pada Jam Tangan: Fungsi, CIri – Ciri dan Rekomendasi!

5. Jam tangan Rolex terjaga kualitasnya

Anda tahu istilah “control freak”? Nah, Rolex berhak memperoleh predikat ini. Di poin sebelumnya, kita sudah membahas bagaimana Rolex mengerjakan proses perakitan setiap movement-nya sendiri, dengan tangan. Namun, Rolex tidak berhenti di situ. Rolex bertanggungjawab atas setiap langkah dalam proses pembuatan jam tangannya, bahkan hingga yang terkecil sekalipun. Mari kita lihat contohnya.

Rolex memiliki master craftsmen yang bertugas memastikan bahwa setiap sekrup, setiap batu permata, dan setiap penunjuk jam terpasang dengan sempurna di tempatnya. Selain itu, Rolex juga memiliki ahli yang menempatkan bezel pada case menggunakan tangan, dengan presisi luar biasa demi penunjukkan waktu yang mulus dan akurat.

Rolex juga melebur logam mulia, seperti emas dan perak, yang digunakan di sebagian besar produk mereka sendiri. Nah, karena standar setiap aspek proses produksi Rolex dikontrol dan dijaga secara konsisten, kualitas setiap jam tangan Rolex juga terjamin.

6. Rolex menggunakan berbagai logam dan batu mulia

Tahukah Anda? Rolex memiliki sebuah tim gemologist atau ahli batu mulia. Merekalah yang bertanggungjawab untuk memadukan logam dan batu mulia seperti emas dan berlian pada desain sebuah jam tangan Rolex.

Penyebab Jam Tangan Rolex Mahal

Tak hanya itu, Rolex juga mempekerjakan sejumlah conventional jeweler atau ahli perhiasan untuk membantu mereka memilih dan memasang sendiri berbagai berlian dan batu permata di jam tangan mereka secara presisi.

Selain itu, Rolex adalah salah satu dari hanya sedikit brand jam tangan mewah yang membuat jam tangan menggunakan bahan emas murni—emas asli dan bukanbukan cat atau lapisan. Rolex secara khusus memurnikan emas putih, everose, dan kuning 18K untuk arloji mereka. Nah, penggunaan emas murni ini tentu menjelaskan kenapa beberapa model emas Rolex begitu mahal.

7. Jam tangan Rolex memiliki water resistance yang luar biasa.

Faktor lain yang berkontribusi membuat sebuah jam tangan Rolex mahal adalah level water resistance yang dimilikinya. Beberapa model bahkan mampu menahan tekanan air hingga 300 meter.

Sebagai bagian dari proses produksi, semua dive watch Rolex diuji terlebih dahulu di dalam sebuah tangki bertekanan tinggi sebelum diuji di dalam perairan yang sebenarnya. Misalnya, untuk menguji jam tangan seri Deepsea, Rolex menggunakan tangki air bertekanan tinggi yang dikembangkan oleh Compagnie Maritime d’Expertises (COMEX), sebuah perusahaan diving Perancis yang secara khusus meminta Rolex untuk membuat dive watch yang presisi dan berperforma tinggi.

Rolex Sea-dweller Deepsea Ref. 126660 D-Blue

Rolex Sea-dweller Deepsea Ref. 126660 D-Blue

 Salah satu jam tangan Rolex dengan kemampuan water resistance yang luar biasa adalah Rolex Submariner Date 41 126610LN. Jam tangan Submariner ini juga tahan air hingga kedalaman 300 meter. Selain itu, ada juga Rolex Sea-dweller Deepsea Ref. 126660 D-Blue, yang tahan air hingga 1.900 meter.

Nah, tertarik menambahkan Rolex ke dalam koleksi Anda? Temukan berbagai jam tangan Rolex hanya di Luxehouze!

RELATED NEWS

7 Tas Hermes Artis yang Mewah dengan Harga Fantastis

Memiliki material berkualitas dan dibuat dengan ketelitian tingkat tinggi, tidak...
Ingin Mulai Koleksi Jam Tangan? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini!

Memiliki sejarah yang panjang dan menarik, banyak orang yang tertarik...
Harga Jam Tangan Rolex Paling Murah, 4 Model di Bawah Rp300 Juta

Penasaran dengan harga jam tangan Rolex paling murah? Rolex memang...