Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun

Menemukan jam tangan kesayangan Anda berembun? Anda tidak perlu panik. Namun, jangan juga membiarkan jam tangan berembun terlalu lama. Embun yang dibiarkan terlalu lama bisa mempengaruhi performa jam tangan. Endapan uap air di dalam jam tangan bisa merusak komponen-komponen di dalam jam tangan, mulai dari elemen-elemen pada dial hingga movement.

Jam Tangan Rolex

Wah, lalu bagaimana ya? Jangan khawatir! Di artikel ini, kita tidak hanya akan membahas berbagai penyebab jam tangan berembun, tapi juga beberapa cara mengatasinya yang bisa Anda coba sendiri. Yuk, kita simak!

Kenapa Jam Tangan Anda Berembun?

Tahukah Anda? Masalah pengembunan bisa terjadi pada semua jam tangan, bahkan jam tangan yang telah memiliki label water resistant sekalipun. Penyebabnya juga bukan hanya karena jam tangan Anda terendam air. Agar Anda bisa mengantisipasinya, yuk, kita kenali beberapa penyebab jam tangan berembun!

Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun

1. Perubahan Suhu

Salah satu pemicu munculnya embun dalam jam tangan adalah perbedaan yang ekstrem antara suhu jam tangan dan suhu ruangan. Jangan kaget jika jam tangan yang Anda simpan di dalam ruangan ber-AC mengalami pengembunan saat tiba-tiba Anda bawa ke tempat yang terik dan suhunya jauh lebih panas. Begitu pun sebaliknya. Karena itu, berhati-hatilah pada perubahan suhu ruangan yang drastis.

2. Celah pada Crown yang Tidak Tertutup

Seringkali Anda lupa mengembalikan crown atau pusher tipe screw-down pada jam tangan Anda ke posisinya semula setelah menariknya. Posisi crown atau pusher tidak tertutup sempurna menyebabkan adanya celah yang bisa menjadi jalan masuk untuk air. Air yang masuk inilah yang menjadi salah satu penyebab jam tangan Anda berembun. Nah, untuk menghindarinya, pastikan Anda selalu mengecek posisi crown dan pusher pada jam tangan Anda terutama setelah menggunakannya.

3. Retakan pada Jam Tangan

Ada jam tangan yang menggunakan bahan yang mudah retak untuk beberapa bagiannya. Bahan crystal—acrylic crystal atau mineral crystal, misalnya, cenderung tipis dan mudah retak karena mengalami benturan. Retakan semacam ini biasanya kecil dan tidak langsung terlihat oleh mata. Nah, seperti celah no poin kedua, retakan inilah yang bisa menjadi jalan masuk untuk air dan menjadi salah satu penyebab jam tangan Anda berembun.

Baca Juga: Shock Resistance: Fitur Tahan Guncangan Pada Jam Tangan

4. Kesalahan saat Mengganti Baterai Jam Tangan

Proses penggantian baterai jam tangan idealnya dilakukan di area yang benar-benar kering dan tidak lembap. Kenapa begitu? Membuka bagian belakang jam tangan di ruangan dengan kelembapan tinggi bisa menyebabkan uap air masuk dan mengendap di dalam jam tangan. Setelah beberapa waktu, sisa endapan uap air yang masuk bisa menimbulkan embun.

Bagaimana Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun?

Jika Anda menemukan jam tangan Anda berembun, Anda tidak perlu panik. Ada berbagai metode untuk mengatasi jam tangan berembun. Beberapa di antaranya cukup sederhana dan bisa Anda coa sendiri tanpa harus meminta bantuan experts. Yuk, kita simak empat cara mengatasi jam tangan berembun!

1. Gunakan Bahan-Bahan yang Bersifat Absorbent

Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan absorbent, yaitu bahan-bahan yang bersifat ‘higroskopis’ (bisa menyerap uap air). Bahan yang paling disarankan dan mudah ditemukan di rumah adalah beras. Namun, selain beras, Anda juga bisa menggunakan bahan lain seperti silica gel atau pasir untuk kucing. Bagaimana caranya? Lakukan langkah-langkah berikut!

  • Masukkan beras ke dalam wadah kedap udara.
  • Bila memungkinkan, lepas bagian crown jam tangan untuk mempercepat proses penyerapan.
  • Balut jam tangan Anda (terutama bagian sisi wajahnya) dengan kapas lembut untuk menghindari goresan.
  • Letakkan jam tangan Anda yang berembun di dalam wadah dan tutup rapat.
  • Diamkan selama 2-3 hari hingga uap air terserap oleh beras.

2. Manfaatkan Sinar Matahari

Untuk mengatasi jam tangan berembun, Anda juga bisa memanfaatkan bantuan sinar matahari. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya!

  • Seperti cara pertama, lepas bagian crown bila memungkinkan. Bila Anda tahu caranya, Anda bisa memilih untuk melepas bagian tutup di belakang jam tangan.
  • Jemur jam tangan Anda di bawah sinar matahari dengan posisi menghadap ke atas jika crown yang dilepas atau menghadap ke bawah jika bagian tutup belakang yang dilepas.
  • Tunggu hingga jam tangan Anda kering. Namun, ada satu catatan.

 

Apabila cuaca terlalu terik, pastikan jam tangan Anda tidak terpapar sinar matahari langsung untuk menghindari overheat. Anda bisa meletakkannya di jendela yang menghadap arah datangnya sinar matahari.

3. Gunakan Sumber Panas yang Lain

Jika Anda merasa kedua metode pertama terlalu lama, Anda bisa memanfaatkan sumber panas lain untuk mengatasi jam tangan berembun, seperti lampu atau alat-alat elektronik di rumah. Namun, perlu dicatat bahwa untuk menggunakan metode ketiga, Anda mungkin perlu melepas bagian tutup di belakang jam tangan. Jadi, pastikan dulu Anda mengetahui cara yang aman untuk membuka bagian ini. Nah, setelah membuka bagian belakang jam tangan, apa saja yang bisa Anda lakukan?

  • Letakkan jam tangan Anda di bawah sinar lampu selama beberapa jam. Anda bisa meninggalkannya semalaman bila dirasa lebih mudah.
  • Gunakan hairdryer untuk mengeringkan uap air di dalam jam tangan. Pilih temperatur paling rendah, keringkan dari arah bagian belakang jam tangan, dan jangan menempatkan hairdryer terlalu dekat dengan jam tangan.
  • Letakkan jam tangan Anda di dekat energi panas yang dihasilkan alat elektronik seperti laptop dan tinggalkan hingga uap air menghilang.
  • JANGAN menggunakan alat elektronik seperti microwave atau oven untuk mengatasi jam tangan berembun karena risiko overheat yang bisa menyebabkan jam tangan Anda rusak total.

Jika Anda memilih salah satu metode di atas, pastikan Anda selalu berhati-hati agar jam tangan Anda tidak tergores atau bahkan rusak lebih parah lagi.

Baca Juga: Daftar 10 Jam Tangan Termahal di Dunia! Harganya Hingga 800M!

3. Bawa Jam Tangan Anda ke Expert

Sudah mencoba berbagai cara di atas tapi tidak berhasil? Saatnya membawa jam tangan Anda ke ahlinya. Seorang watch expert memiliki keterampilan untuk melakukan hal-hal yang tidak Anda bisa, misalnya melepas semua komponen jam tangan, mulai dari bagian belakang case hingga movement. Dengan melakukan ini, masalah jam tangan berembun Anda pasti bisa diatasi segera. Bahkan, jika ditemukan kerusakan lain, seperti adanya retakan, Anda bisa langsung memperbaikinya.

Jam Tangan Zenith di Luxehouze

Sudah tak khawatir lagi dengan masalah jam tangan berembun? Saatnya menambah koleksi jam tangan Anda! Temukan jam tangan mewah dari berbagai brand terkemuka di dunia hanya di Luxehouze! Tunggu apa lagi?

RELATED NEWS

Hati-hati Barang Palsu! Ini Ciri-ciri Jam Tangan Hublot yang Asli!

Berencana untuk menambah jam tangan Hublot ke dalam koleksi Anda?...
Mengenal Dress Watch, Jam Tangan untuk Acara Formal

Sering menghadiri acara formal? Anda memerlukan dress watch dalam koleksi...
7 Alasan Kenapa Jam Tangan Rolex Mahal

Apa yang membuat jam tangan Rolex mahal? Kenapa banyak orang...