Hati-hati Barang Palsu! Ini Ciri-ciri Jam Tangan Hublot yang Asli!

Berencana untuk menambah jam tangan Hublot ke dalam koleksi Anda? Jangan sampai Anda tertipu dan malah membeli barang palsu ya! Pastikan Anda hanya membeli jam tangan Hublot yang 100% autentik. Bagaimana caranya? Kenali ciri-ciri jam tangan Hublot yang asli!

Ciri-Ciri Jam Tangan Hublot Asli

9 Ciri Jam Tangan Hublot Asli

Ada 9 hal yang harus Anda perhatikan untuk membedakan jam tangan Hublot yang asli dan yang palsu. Apa saja tandanya?

1. Dial

Ciri jam tangan hublot asli yang pertama harus Anda cek adalah elemen-elemen pada dial jam tangan. Cek apakah finishing elemen-elemen yang ada pada dial jam tangan Hublot terlihat halus dan rapi.

Cek apakah penanda jam pada dial, baik angka maupun simbol lain, terpotong dan terpasang rapi. Cek juga apakah detail-detail pada jam tangan skeletonized tampak tebal, kokoh, halus, dan rapi. Satu hal lagi yang perlu Anda cek adalah logo Hublot pada dial. Teks “HUBLOT” pada dial biasanya terlihat seperti memiliki bayangan atau semacam outline di sisi luar huruf. Selain itu, logo dan teks juga tercetak rapi dengan ukuran huruf dan space yang sama rata. Bila elemen-elemen pada dial jam tangan tidak terlihat seperti ini, maka kemungkinan besar Anda sedang memegang barang palsu.

2. Indikator Tanggal

Hal kedua yang perlu Anda cek adalah bagian indikator tanggal atau date wheel pada dial. Bagaimana elemen ini bisa menunjukkan pada Anda apakah sebuah jam tangan Hublot asli atau palsu?

Pertama, cari tahu bagaimana bentuk dan ukuran angka yang seharusnya terlihat pada versi autentik dari jam tangan Hublot yang Anda incar. Angka pada indikator tanggal jam tangan Hublot asli terlihat ramping dan rapi serta terletak dengan sempurna di tengah-tengah window; margin atas dan bawah sama dan margin kiri dan kanan juga sama. Sedangkan angka pada date wheel jam tangan Hublot palsu biasanya tampak lebih tebal dan tidak rapi, serta tidak terletak di tengah-tengah, tapi terlalu dekat dengan dengan sisi atas atau bawah window.

Kedua, cek juga apakah angka pada date wheel tercetak dengan rapi dan tidak miring, memiliki font yang benar, dan memiliki ketebalan cetakan yang sempurna—tidak terlalu tipis apalagi cacat.

Baca Juga: Terbukti! Ini Cara Membedakan Jam Tangan Asli dan Palsu!

3. Logo Screws khas Hublot

Semua sekrup yang Anda temukan pada sebuah jam tangan Hublot bukanlah sembarang sekrup. Setiap sekrup pada jam tangan Hublot memiliki desain khusus yang merepresentasikan huruf “H” dari kata Hublot. Nah, jangan lupa mengecek sekrup-sekrup spesial ini.

Sekrup “H” khas Hublot haruslah terukir rapi dengan finishing yang sempurna. Garis-garisnya terlihat lebih defined—jelas dan dalam. Setiap sekrup juga harus terpasang dengan rapi, pas, dan tanpa celah ke dalam body jam tangan. Apabila Anda tidak yakin, lakukan riset dan cari tahu terlebih dahulu seperti apa sekrup H yang asli sebelum melakukan pengecekan.

4. Ukiran pada Bagian Belakang dan Clasp

Hal keempat yang harus Anda cek adalah ukiran nama Hublot pada bagian belakang case dan bagian clasp atau pengunci strap jam tangan.

Pastikan ukiran teks “HUBLOT” pada jam tangan terlihat defined—rapi, jelas, dan dalam. Apabila ukiran terlihat kurang jelas dan dangkal, kemungkinan besar jam tangan Hublot Anda adalah replika. Kenapa bisa berbeda? Metode dan peralatan ukir yang digunakan oleh Hublot dan pembuat jam tangan replika pasti berbeda; proses quality control-nya pun pasti berbeda. Selain itu, cek juga apakah font yang digunakan benar, dengan ukuran dan space antar huruf yang juga sempurna, serta apakah ukiran terlihat miring.

Hal ini juga berlaku untuk berbagai teks lain yang mungkin Anda temukan pada sebuah jam tangan Hublot, misalnya teks yang mengindikasikan bahan, model, dan nomor seri jam tangan.

Hublot Big Bang

5. Pushers

Ciri ciri jam tangan Hublot asli yang Anda incar memiliki pushers—dua buah tombol di sisi case yang mengapit tombol crown? Hal inilah yang harus Anda cek selanjutnya.

Seperti yang Anda tahu, tombol pushers seharusnya terhubung dengan fungsi-fungsi tambahan pada sebuah jam tangan, misalnya chronograph. Apabila jam tangan Hublot Anda asli, tombol pushers pasti berfungsi. Namun, pada jam tangan Hublot palsu, terutama jam tangan replika dengan kualitas sangat rendah dan berharga sangat murah, kedua tombol ini bisa jadi hanya hiasan atau tetap berfungsi tapi tidak lancar.

6. Strap

Tanda jam tangan hublot asli dan palsu selanjutnya yang perlu anda pastikan adalah bagian strap jam tangan, terutama yang berbahan kulit.

Tahukah Anda? Strap kulit jam tangan Hublot sebenernya dibuat dengan memadukan dua bahan, kulit dan karet. Bagian base strap terbuat dari karet dan berbentuk seperti cekungan, sedangkan bahan kulitnya menempel di atas kulit dengan mengisi bagian cekungan ini. Kalau Anda melihat strap dari samping, Anda hanya akan melihat bagian karetnya. Nah, pada jam tangan Hublot asli, bagian kulit tentu menempel pada base karet dengan sempurna, tanpa ada sisi yang miring, sisa lem yang kelihatan, maupun jahitan yang tidak seragam. Karena itu, selalu cek strap kulit jam tangan Hublot sebelum membeli.

Baca Juga: 6+ Ciri – Ciri Jam Tangan Omega Asli atau KW!

7. Material

Untuk melakukan langkah selanjutnya, Anda mungkin akan memerlukan bantuan profesional. Hal ketujuh yang perlu Anda cek adalah bahan pembuatan jam tangan.

Jam tangan Hublot autentik dibuat dari bahan-bahan premium berkualitas tinggi, termasuk steel, titanium, carbon fiber, ceramic, tantalum, rose gold, dan “magic” gold. Jam tangan Hublot palsu, terutama jam tangan replika dengan kualitas sangat rendah dan berharga sangat murah, biasanya tidak dibuat menggunakan material yang seharusnya. Bagaimana cara mengeceknya? Hubungi watchmaker atau jeweller profesional untuk melakukan uji kimia. Uji kimia akan membantu Anda memastikan bahan yang digunakan di jam tangan sesuai dengan yang di-claim.

8. Serial Number

Hal selanjutnya yang perlu Anda cek adalah serial number atau nomor seri jam tangan.

Setiap jam tangan Hublot memiliki sebuah nomor seri yang tercetak di bagian belakang case. Nomor seri ini biasanya terdiri dari 6-7 angka. Cek apakah nomor seri ini ada di bagian belakang case jam tangan dan tercetak dengan jelas dan rapi. Setelah itu cocokkan nomor tersebut dengan nomor yang ada pada paperwork, seperti sertifikat keaslian dan kartu garansi jam tangan. Jam tangan Hublot original selalu memiliki nomor seri yang sama dengan yang tercatat pada paperwork.

 Hublot Big Bang Unico

9. Model Number

Hal terakhir, cara cek jam tangan hublot asli atau palsu adalah dari model number atau nomor model. Nomor model sering juga disebut sebagai reference number atau nomor referensi.

Pada jam tangan Hublot, nomor model biasanya terdiri dari 4-5 rangkaian angka dan huruf, misalnya 441.NX.5171.RX atau 465.OX.1180.RX.1204. Rangkaian angka pertama mengindikasikan ukuran, family, dan style jam tangan, misalnya 301 berarti Big Bang chronograph 44mm. Rangkaian selanjutnya menandakan material case, misalnya kode PB berarti case dibuat dari bahan rose gold 18k dengan bezel berbahan ceramic hitam. Rangkaian ketiga merujuk pada dial. Rangkaian keempat mengacu pada strap. Rangkaian terakhir merupakan bahan-bahan tambahan yang digunakan.

Cek nomor model jam tangan Hublot yang Anda inginkan dan pastikan ciri jam tangan yang Anda dapatkan sesuai dengan kode-kodenya.

Terakhir, pastikan juga Anda membeli jam tangan Anda di retailer atau marketplace yang terpercaya. Percayakan pembelian jam tangan Hublot impian Anda pada Luxehouze, luxury marketplace nomor satu di Asia yang menawarkan produk-produk yang 100% original dan telah melalui proses verifikasi lengkap. Kunjungi Luxehouze sekarang!

RELATED NEWS

7 Tas Hermes Artis yang Mewah dengan Harga Fantastis

Memiliki material berkualitas dan dibuat dengan ketelitian tingkat tinggi, tidak...
Ingin Mulai Koleksi Jam Tangan? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini!

Memiliki sejarah yang panjang dan menarik, banyak orang yang tertarik...
Harga Jam Tangan Rolex Paling Murah, 4 Model di Bawah Rp300 Juta

Penasaran dengan harga jam tangan Rolex paling murah? Rolex memang...