Ketika mencari jam tangan mewah, Anda mungkin akan bertemu dengan istilah chronograph. Apa sebenarnya chronograph itu? 

Chronograph adalah salah satu aspek pada jam tangan yang tidak boleh terlewatkan. Mari kenali apa yang dimaksud dengan chronograph lewat penjelasan lengkapnya di artikel ini! 

Apa Itu Chronograph?

Chronograph adalah sebuah fitur tambahan yang dipasang secara khusus pada struktur mesin sebuah jam tangan. Fitur ini memiliki fungsi untuk menghitung durasi waktu yang sudah berlalu. 

Secara etimologi, istilah chronograph berasal dari bahasa Yunani, yaitu chronos yang berarti waktu dan graph yang artinya menulis. Bila digabungkan, maka kata ini memiliki arti penulis atau pencatat waktu. 

Chronograph berfungsi mengukur durasi atau periode waktu dalam interval detik, menit, dan jam. Fungsi ini sangat serupa dengan peran stopwatch. Jadi, bisa dibilang chronograph adalah istilah lain untuk stopwatch pada jam tangan mewah.

Sejarah Jam Tangan Chronograph

Jam chronograph pertama ditemukan oleh Louis Monet, yang berasal dari Perancis, pada tahun 1816. Namun, meski sudah ditemukan, jam ini tidak langsung dipasarkan. 

Chronograph akhirnya pertama kali diperkenalkan kepada publik di tahun 1821. Konsep ini disertakan pada jam tangan untuk Raja Louis XVIII, dirancang oleh ahli asal Perancis lainnya, Nicolas Rieussec.

Saat itu, Raja Louis XVIII secara spesifik menginginkan alat untuk mengukur waktu putaran lomba pacuan kuda. 

Karena itulah, di awal penemuannya, jam chronograph lebih banyak digunakan untuk mengukur waktu pada lomba pacuan kuda.

chronograph adalah

Kelebihan Menggunakan Jam Tangan Chronograph

Walaupun dulunya dipakai untuk mengukur waktu pada lomba pacuan kuda, tapi chronograph punya banyak fungsi lain. Sampai sekarang, banyak orang tertarik dengan jam tangan jenis ini karena berbagai kelebihan yang dimiliki.

Apa saja kelebihan itu? Berikut ini dua kelebihan utama yang bisa didapatkan dari jam tangan chronograph

1. Menggabungkan lebih dari satu fungsi

Kalau kebanyakan jam tangan hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, chronograph punya fungsi ganda. Chronograph juga mampu berperan sebagai alat pengukur waktu. 

Misalnya, bagi Anda yang berprofesi sebagai atlet, dokter, pilot, tentara, atau juru masak, pasti akan sangat merasakan keunggulan chronograph ini. Fiturnya bisa dipakai untuk mengukur waktu sebagai penunjang pekerjaan sehari-hari. 

Bahkan, jam chronograph juga bisa diandalkan saat berolahraga. Selain itu, banyak jam chronograph yang juga diberi fungsi tambahan selain stopwatch

Contohnya seperti fungsi penunjuk telemetri, pulsometer, serta tachymeter yang merupakan skala numerik pada sekitar tepi dial untuk mengukur kecepatan rata-rata.

2. Desain yang mewah dan unik

Dari segi desain, jam chronograph terlihat berkarakter. Tampilannya unik, dengan tombol di sisi case serta tambahan dua subdial atau lebih.

Selain itu, bentuk case jam ini juga cenderung lebih tebal, sehingga terlihat lebih sporty namun tetap elegan dan mewah. 

Jam chronograph juga bisa diandalkan untuk menunjang penampilan dalam berbagai jenis acara, baik formal maupun kasual. Wajar kalau penggemarnya berasal dari berbagai kalangan dan rentang usia.

Ciri-Ciri Jam Tangan Chronograph

Jam chronograph memiliki desain yang khas. Sangat mudah untuk membedakan jam chronograph dengan jam tangan jenis lain. Lengkapnya, ciri-ciri jam tangan chronograph adalah sebagai berikut: 

1. Memiliki dua subdial

Jam chronograph pasti memiliki setidaknya dua subdial. Subdial adalah bundaran kecil yang letaknya ada di dalam dial utama jam. 

Saat fungsi chronograph aktif, salah satu subdial akan bergerak, menunjukkan jumlah menit yang telah berlalu. Subdial ini dinamakan chronograph minute hand

Sementara, satu subdial lainnya akan menunjukkan jumlah jam yang sudah berlalu. Subdial ini disebut chronograph hour hand

Pada jam chronograph dengan tiga subdial, terdapat satu subdial ekstra yang disebut watch’s second hand. Subdial ini bukanlah bagian dari fitur chronograph, melainkan pengganti jarum detik pada jam tangan biasa. 

chronograph adalah

2. Dua tombol pusher

Selain subdial, jam chronograph juga dilengkapi dua tombol atau pusher tambahan di sisi case jam. Biasanya, tombol pusher ini bersebelahan dengan bagian crown.

Apa fungsi tombol tersebut? Masing-masing tombol terkoneksi dengan dua subdial pada jam tangan. Saat tombol pusher ditekan, maka fitur penghitung menit dan penghitung jam pada chronograph akan aktif. 

Memahami Cara Menggunakan Jam Tangan Chronograph

Walaupun terlihat kompleks, cara menggunakan jam chronograph sebenarnya mudah. Untuk memulai chronograph, tinggal menekan pusher pada bagian atas, yang biasanya terletak pada pukul 2. Ini akan memulai fungsi penghitungan waktu.

Pastikan bahwa jarum penunjuk waktu sudah bergerak pada proses ini. Untuk menghentikan chronograph, Anda hanya perlu menekan pusher yang sama untuk mengakhiri fungsi penghitungan waktu. 

Terakhir, untuk mengatur ulang jam tangan chronograph, cukup menekan pusher pada bagian bawah, yang terletak pada pukul 4.

Rekomendasi Jam Tangan Chronograph dari Luxehouze

Ada banyak sekali merek jam mewah ternama yang mengeluarkan jam tangan chronograph. Banyak juga yang tersedia di Luxehouze. Berikut ini beberapa rekomendasinya: 

1. Rolex Cosmograph Daytona

Koleksi Rolex Daytona merupakan salah satu koleksi terpopuler dari brand tersebut. Keunikan utama dari koleksi ini adalah fitur chronograph yang digunakan untuk semua produk dalam lini tersebut. 

Diperkenalkan pada tahun 1963, Rolex Cosmograph Daytona dirancang untuk memenuhi tuntutan para pembalap profesional. Seri ini dianggap sebagai salah satu seri Rolex paling ikonik dan popular bahkan setelah 50 tahun berlalu.

Saat ini, koleksi Rolex Daytona bisa ditemukan di Luxehouze dengan harga mulai dari Rp 375.000.000. 

Baca Juga: Sejarah Rolex Daytona dan Perkembangannya dari Tahun ke Tahun

2. Omega Speedmaster

chronograph adalah

Selain Rolex, brand Omega juga menggunakan fitur chronograph pada koleksinya, khususnya pada lini Omega Speedmaster. Seri ini adalah salah satu seri Omega paling dikenal sepanjang masa karena performa dan desainnya.

Jam ini menjadi jam andalan untuk pertandingan olahraga dan balapan. Alasan utamanya karena fitur chronograph yang mumpuni pada jam tersebut. 

Luxehouze juga memiliki koleksi Speedmaster yang bisa ditemukan dengan harga mulai dari Rp 90.000.000.

Baca Juga: Omega Rilis Versi Terbaru Speedmaster Dark Side Of The Moon ‘Apollo 8’

3. Patek Philippe Complications

Sesuai namanya, Patek Philippe menawarkan sesuatu yang lebih dalam seri jam ini: komplikasi. Salah satu komplikasi yang dimaksud adalah fungsi chronograph yang disertakan pada jam tangan di dalam seri ini. 

Komplikasi pada lini jam Patek Philippe yang satu ini membuatnya semakin estetik dan paling banyak digemari. 

Jam tangan ini juga tersedia di Luxehouze, bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 1.053.000.000. 

Baca Juga: Kenali 7 Ciri-ciri Jam Tangan Patek Philippe Asli

4. Audemars Piguet Royal Oak Offshore

Audemars Piguet memiliki beberapa tipe jam chronograph dalam seri Royal Oak Offshore. Mengusung desain sporty dan maskulin a la Royal Oak, jam chronograph Audemars Piguet memiliki banyak penggemar setia.

Contoh jam tangan Royal Oak Offshore dengan fitur chronograph adalah Royal Oak Offshore 26420SO.OO.A600CA.01

Masih ada banyak jam chronograph lainnya yang bisa ditemukan di Luxehouze. Kunjungi website Luxehouze sekarang untuk menemukan jam tangan impian Anda!

Semua koleksi yang ada di Luxehouze terjamin 100% otentik dan bisa didapatkan dengan harga terbaik. Koleksinya juga sangat beragam, mulai dari Rolex, Richard Mille, Patek Philippe, dan lainnya. 

Jika ingin melihat koleksi jam tangan mewah secara langsung, bisa juga mengunjungi butik Luxehouze yang ada di Jakarta, Surabaya, dan Singapura, ya!