10+ Jenis Jam Tangan Terbaik Berdasarkan Mekanisme, Fitur, dan Fungsinya

Sedang mencari alasan untuk menambah koleksi jam tangan Anda? Kami bisa membantu Anda. Tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis jam tangan? Apabila Anda sudah punya satu jenis jam tangan, bukan berarti Anda tidak boleh memiliki jenis yang lainnya kan?

Jenis-jenis jam tangan

 

Jenis-Jenis Jam Tangan

Ada 10+ jenis jam tangan berdasarkan mekanisme, fitur, dan fungsinya. Yuk, kita bahas satu per satu!

 

1. Jam Tangan Analog

Yang Anda sebut jam tangan analog adalah jam tangan yang menampilkan clock face dengan angka 1-12 beserta tiga jarum—jarum menit, dan jarum detik—sebagai penunjuk waktu. Karena mudah digunakan dan memiliki tampilan yang klasik dan elegan, jam tangan analog adalah tipe jam tangan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Ada jam tangan analog yang menggunakan angka biasa, ada juga yang menggunakan angka romawi. Banyak jam tangan analog yang juga dilengkapi dengan fitur tambahan, seperti penunjuk waktu kedua, kalender, dan stopwatch.

 

2. Jam Tangan Digital

Jam tangan digital Hublot Big Bang EHublot Big Bang E

Tidak seperti jam tangan analog, tidak ada jarum jam pada jenis jam tangan digital. Jam tangan digital juga tidak menampilkan clock face pada bagian dial-nya; jam tangan digital menunjukkan waktu melalui teks angka yang ditampilkan di sebuah LCD. Pada tipe jam tangan ini, jam, menit, dan detik ditampilkan dalam bentuk tampilan digital. Kadang kita bisa memilih jenis tampilan pada LCD; kita bisa memilih tampilan clock face walaupun dalam bentuk digital.

Jam tangan digital biasanya dilengkapi dengan lebih banyak fitur tambahan, termasuk fitur-fitur yang tidak mungkin ditambahkan pada jam tangan analog, sepert lampu, alarm, kalkulator, dan GPS. Kelengkapan fitur ini sering menjadi penentu harga jual sebuah jam tangan digital.

 

3. Jenis Jam Tangan Quartz

Anda sering melihat tulisan “quartz” di sebuah jam tangan? Nah, tulisan ini mengacu pada teknologi yang digunakan pada jam tangan tersebut, yaitu menunjukkan bahwa jam ini menggunakan mesin yang berbasis elektronik. Karena berbasis elektronik, dan bukan mekanik, macam jam tangan ini menggunakan energi listrik alias baterai.

Bagaimana cara kerjanya? Arti kata “quartz” pada jenis jam tangan ini diambil dari satu jenis mineral bernama kristal kuarsa. Pada jam tangan dengan teknologi quartz, kristal kuarsa diletakkan pada mesin jam. Singkatnya, arus listrik dari baterai yang dipasang pada jam tangan membuat kristal kuarsa bergetar dan menggerakkan motor penggerak, kemudian membuat jarum penunjuk jam berputar.

 

4. Jam Tangan Mekanis

 Jam tangan mekanis Panerai Luminor Marina 44mm PAM01661

Panerai Luminor Marina 44mm PAM01661

 

Jam tangan mekanis adalah salah satu macam jam tangan yang sama sekali tidak memiliki komponen elektronik di dalamnya. Karakter jam tangan ini tidak memerlukan aliran listrik seperti jam tangan quartz. Semua pergerakan mesin pada jenis jam tangan ini menggunakan daya dari pergerakan mekaniks

Bagaimana cara kerjanya? Singkatnya, kerja jam tangan mekanis didorong oleh sebuah pegas yang disebut mainspring yang harus diputar secara berkala. Putaran ini membuat mainspring menjadi kencang. Setelah itu, mainspring perlahan akan semakin mengendor. Kendornya mainspring ini melepaskan gaya yang menggerakan roda gerigi yang saling berhubungan. Roda gerigi ini lah yang menggerakan jarum jam.

 

5. Jam Tangan Otomatis atau Automatic

Jam tangan otomatis Rolex GMT-Master-II Rolex GMT-Master II

Jam tangan otomatis, atau sering disebut jam tangan self-winding, adalah salah satu jenis jam tangan mekanis. Jam tangan ini mengisi daya secara otomatis lewat putaran rotor. Anda ingat mainspring pada jam tangan mekanis yang harus diputar secara berkala? Pada jam tangan otomatis, rotor tadi akan berputar jika jam digoyangkan oleh si pengguna. Putaran rotor ini secara otomatis akan membuat mainspring menjadi kencang.

Mainspring akan mengendor dalam periode tertentu tergantung kemampuannya menyimpan energi. Ada mainspring yang sanggup menyimpan energi selama 30 jam, 40 jam, bahkan ada juga yang mampu hingga 10 hari. Kemampuan mainspring menyimpan energi mekanis ini dinamakan power reserve. Jika jam tangan otomatis tidak digoyangkan, rotor pun tidak akan berputar dan dalam periode tertentu, power reserve akan habis sehingga jam tangan akan mati.

 

6. Jam Tangan Chronograph

Jam tangan chronograph Rolex Cosmograph Daytona

Rolex Cosmograph Daytona 40 116500LN

Jam tangan chronograph adalah salah satu macam jam tangan mekanis lainnya. Mari kita mulai dengan mambahas apa itu chronograph. Chronograph adalah sebuah fitur tambahan pada sebuah jam tangan mekanis. Chronograph berfungsi mengukur durasi atau periode waktu dalam interval detik, menit, dan jam. Fungsi ini merupakan fungsi dari fitur stopwatch. Jadi, chronograph sebenarnya adalah istilah lain untuk stopwatch.

Jam tangan chronograph memiliki desain yang khas. Jam tangan chronograph pasti memiliki dua subdial. Subdial adalah bundaran kecil yang letaknya ada di dalam dial utama jam. Selain subdial, jam tangan chronograph juga dilengkapi dua tombol atau pusher tambahan di sisi case jam, biasanya bersebelahan dengan bagian crown. Ingin tahu lebih banyak mengenai jam tangan chronograph? Baca selengkapnya di sini!

 

7. Jam Tangan Tourbillon

Jam tangan tourbillon juga adalah salah satu jenis jam tangan mekanis. Adanya fitur tourbillon biasanya membuat sebuah jam tangan mekanis menjadi mahal dan sangat dicari. Apa itu tourbillon? Tourbillon adalah sebuah fitur yang bisa membuat sebuah jam tangan mekanis bekerja lebih konsisten, akurat, dan minim deviasi dengan “menetralkan” efek dari gaya gravitasi.

Namun, fungsi tourbillon sebenarnya sudah tidak terlalu relevan digunakan pada jam tangan modern. Saat ini, permasalahan yang disebabkan oleh efek gravitasi pada jam mekanis sudah bisa diatasi oleh berbagai komponen lain yang lebih sederhana. Lalu, mengapa bayak kolektor jam tangan yang rela membayar ratusan juga hingga miliaran rupiah demi sebuah jam tangan tourbillon? Ada dua alasan: eksklusivitas dan craftsmanship. Hingga saat ini, tourbillon masih menjadi salah satu fitur paling rumit yang hanya bisa dibuat oleh watchmakers bertalenta tinggi.

 

8. Jam Tangan Skeleton

Jam tangan skeleton Richard Mille

Richard Mille RM35-01 Rafael Nadal Black

Jam tangan skeleton adalah sebutan untuk jam tangan mekanik yang memperlihatkan semua bagian mesin penggeraknya. Tidak ada sekat yang memisahkan clock face dan bagian mesin, sehingga Anda bisa menyaksikan gerakan mesin dari jam tangan Anda. Jam tangan skeleton biasanya dibuat dengan desain yang bold namun minimalis, agar Anda bisa menikmati detail utamanya, yaitu mesin jam tangan, tanpa terganggu.

Siapa yang akan menyukai jam tangan skeleton? Jam tangan dengan dial transparan ini tentu cocok untuk Anda yang suka menikmati detail rumit mesin dengan roda-roda bergerigi yang bergerak sesuai sistem.

 

9. Smartwatch

Kalau jam tangan ini, Anda pasti tahu. Sebagai salah satu device paling populer saat ini, sebuah smartwatch memiliki berbagai fitur yang sesuai dengan namanya. Smartwatch tidak hanya berfungsi menunjukkan waktu. Jenis jam tangan ini umumnya dilengkapi dengan fitur touch screen. Smartwatch juga bisa dihubungkan dengan smartphone Anda, sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi standar smartphone seperti text messaging, kelander, musik, dan dan health monitor di jam tangan Anda.

Smartwatch sekarang hadir dengan berbagai macam desain, dari yang sederhana hingga yang kompleks. Harganya pun beragam, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Anda bisa menyesuaikan pilihan smartwatch Anda dengan kebutuhan dan gaya hidup Anda.

 

10. Dress Watch

Dress watch Franck Muller

Franck Muller

Sesuai namanya, dress watch adalah jenis jam tangan yang dirancang khusus untuk Anda pakai saat acara formal. Jadi, fungsi jam tangan ini tidak “hanya” untuk menunjukkan waktu, tapi juga untuk melengkapi penampilan Anda sekaligus memberikan Anda kesempatan untuk flexing.

Dress watch memiliki desain yang classy, elegan, dan timeless sehingga cocok digunakan bersama dengan jas dan kemeja lengan panjang, atau pakaian formal sejenisnya. Sebuah dress watch umumnya memiliki case yang berukuran tidak terlalu besar—agar tetap simple dan minimalis—dan tipis—agar cocok dipakai di bawah kemeja. Dress watch juga biasanya dibuat menggunakan logam premium.

 

11. Sports Watch

Kebalikan dari dress watch, sports watch didesain untuk active lifestyle. Sebuah sports watch biasanya digunakan untuk acara yang lebih casual. Namun, sekarang banyak luxury sports watch yang bisa juga digunakan untuk acara-acara formal.

Karena didesain untuk casual wear, sports watch memiliki desain yang lebih “seru” disbanding dress watch. Banyak sports watch yang dibuat dalam kombinasi warna yang kontras dan menarik sehingga tidak sekadar monokromatik. Selain itu, banyak sports watch yang dibuat menggunakan bahan-bahan yang lebih casual seperti karet.

 

Nah, sudah yakin untuk menambah koleksi Anda dengan salah satu jenis jam tangan di atas? Anda bisa menemukan berbagai produk jam tangan luxury dari berbagai brand ternama di dunia di Luxehouze. Kunjungi kami sekarang juga!

RELATED NEWS

7 Tas Hermes Artis yang Mewah dengan Harga Fantastis

Memiliki material berkualitas dan dibuat dengan ketelitian tingkat tinggi, tidak...
Ingin Mulai Koleksi Jam Tangan? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini!

Memiliki sejarah yang panjang dan menarik, banyak orang yang tertarik...
Harga Jam Tangan Rolex Paling Murah, 4 Model di Bawah Rp300 Juta

Penasaran dengan harga jam tangan Rolex paling murah? Rolex memang...